Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Rabu, 01 April 2015

Desa Wisata Budaya Peliatan Ubud Gianyar Bali


Desa Wisata Budaya Peliatan terletak di Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Desa Wisata Budaya Peliatan ini sangat strategis, di jalan raya Goa Gajah, dekat dengan Restoran Sawah Indah, hanya terletak 2 km saja dari Kecamatan Ubud. Secara geografis desa ini membujur dari utara ke selatan dan merupakan desa yang berada di dataran rendah sekitar 300-400 meter diatas permukaan laut (dpl). Jika ditempuh dari Denpasar hanya berjarak 22 km yang bisa menghabiskan waktu perjalanan sekitar 35 menit.

Potensi Pertanian

Ubud, Gianyar, Bali (https://cangkirsehat.com)

Anda akan terpukau keindahan ribuan hektar sawah menghijau subur. Kontur sawah berundak cantik serupa teras-teras bertingkat dari atas bukit hingga ke lembah telah menyajikan pemandangan alam sungguh menawan.

Subak merupakan salah satu sistem kemasyarakatan adat Bali yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi) dan ini tidak kalah menarik untuk disimak. Subak, diakui dunia sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO pada Juni 2012.

Yang hebat lagi, prilaku dan keteguhan hati petani di Subak Lodtunduh, perkampungan seniman Ubud, Kabupaten Gianyar, tidak menjual sawah untuk kepentingan di luar pertanian.

Potensi Seni Budaya

Seni Patung (https://aswaqbali.blogspot.com)

Desa Wisata Budaya Peliatan Gianyar banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk membeli hasil kerajinan rakyat atau menonton pertunjukan kesenian, disamping karena letaknya sangat dekat dengan Ubud. Desa Wisata Budaya Peliatan memiliki potensi yang cukup baik dalam bidang seni budaya dan gudangnya para seniman. Di desa ini tumbuh dan berkembang dengan suburnya berbagai kegiatan seni, baik seni tari, seni patung, seni ukir maupun seni lukis. Di bidang seni lukis, ukir maupun patung, Desa Wisata Budaya Peliatan juga memiliki potensi yang cukup tinggi. Perkembangan seni lukis maupun seni patung sudah berkembang sejak masuknya Agama Hindu.

Seni Lukis (https://aswaqbali.blogspot.com)

Kedatangan R. Bonet telah menarik beberapa seniman dari desa Peliatan untuk berguru kepadanya. Tercatat ada beberapa seniman asli desa Peliatan yang menjadi murid R. Bonet seperti I Wayan turun, I Wayan Ayun dan juga Ida Bagus Made. Beberapa seniman di atas walaupun sudah meninggal, tapi namanya masih sangat dihormati di desa wisata itu. Dan sebagai penghormatan masyarakat atas jasa-jasa para seniman di atas atas kemajuan seniman di Desa Wisata Budaya Peliatan, mereka dimasukkan ke dalam seniman terhormat khususnya bagi masyarakat Peliatan dan umumnya untuk masyarakat pulau Bali.

Berbagai kesenian siap Anda tonton bersama keluarga. Mulai dari seni tari dengan alunan musik tradisional khas Bali, lukisan indah hasil karya seniman ternama, patung dengan hasil yang sangat sempurna dan tak lupa keindahan alamnya. Tak dipungkiri memang perpaduan antara keindahan alam, kearifan lokal masyarakatnya serta hiburan kesenian yang tersedia menjadikan desa Peliatan Surga bagi penikmat seni, alam dan kerajinan masyarakatnya.

Seni Tari (https://www.wisatabali.info)

Paket Wisata

A. Budaya 

1. Menabuh Gamelan Bali


2. Menari


3. Melukis

Melukis di telur

4. Membatik


5. Membuat Kerajinan Tangan

B. Alam

1. Edukasi lapangan


    a. Mananam Padi
    b. Memanen Padi
    c. Membajak Sawah
    d. Beternak


2. Fun Game


3. Bersepeda


4. Trekking


5. Camping

Inap Desa (Homestay)

Desa Wisata Budaya Peliatan menyediakan inap desa bagi wisatawan di rumah penduduk dengan kapasitas 100 orang, juga dapat mengikuti kegiatan masyarakat Ubud yang ada.

Informasi lebih lanjut hubungi

          
Lokasi Desa Wisata Budaya Peliatan, dekat dengan Restoran Sawah Indah

Desa Wisata Budaya Peliatan
Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Telp.: +62 361 785 8080 dan +62 361 888 8080 (Bp. Deka Sugianta)
Website: https://ubuddesawisata.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar