Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Senin, 23 Februari 2015

Alat Musik Tradisional Jawa Timur


Dari Pulau Jawa sampai Bali, mempunyai alat musik yang sama yaitu Gamelan, yang membedakan cara menabuhnya atau memainkan, dimungkinkan ada beberapa tambahan atau mengambil dari bagian Gamelan.

Alat Musik Reog Ponorogo

Reog Ponorogo (https://informasi-budaya.blogspot.com)

Dalam tetabuhan Reog Ponorogo terdiri dari Kenong, Kempul, Kethuk, Kendhang dan Gong, merupakan bagian dari Gamelan. Sedangkan alat yang khas dari Reog Ponorogo yaitu Selompret (Terompet) dengan beberapa tambahan Ketipung dan Angklung.

Alat tetabuhan Reog Ponorogo. Dari kiri ke kanan (tergantung) kenong, kempul, kethuk, masing-masing dengan alat tabuhnya, dan selompret. (Di bawahnya) ketipung, angklung, dan kendhang.

Kendhang

Kendhang (https://www.asliponorogo.com)

Untuk kesenian reog, kendang yang digunakan ada dua yaitu kendang yang besar dan kendang yang paling kecil.

Kendhang sedang dimainkan (https://ruangkudisini.blogspot.com)

Perbedaan peran kendang juga dimiliki antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah, di Jawa Timur kendang berperan sebagai penentu gerakan tarian tapi di Jawa Tengah kendang berperan sebagai penentu berubahnya ricikan gendhing.

Terompet Reog


Terompet reog adalah alat yang terbuat dari kayu, kemudian diukir dan diberi hiasan naga pada ujungnya.


Alat musik yang berasal dari ponorogo jawa timur ini, seringkali digunakan untuk mengiringi pertunjukan Reog ponorogo, alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup (aerofon). Dengan suara yang mendayu dayu, bahkan menirukan sebuah lagu jawa ataupun sekarang ini lagu pop indonesiapun.

Peniup Terompet Reog Ponorogo (https://indoindotraditionalmusic.blogspot.com)

Terompet reog terompet yang khas, dan harus ada dalam pertunjukan reog.

Angklung

Angklung Reog Ponorogo (https://ruangkudisini.blogspot.com)

Angklung reog adalah alat musik reog yang terbuat dari bambu. Angklung dalam pentas reog biasanya berjumlah dua buah. Ada berbagai ukuran angklung, angklung besar dan berukuran sedang. Dengan dihiasi benang berbentuk bunga warna merah dan kuning , membuat angklung lebih indah.

Ketipung

Ketipung (https://ruangkudisini.blogspot.com)

Bentuk dan bahan pembuatannya sama seperti kendang hanya ukurannya lebih kecil. Ketipung dimainkan imbal-imbalan dengan kendang utama. Dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari kayu (stick).

Saronen

Saronen (https://id.wikipedia.org)

Alat musik Rakyat yang tumbuh berkembang di masyarakat Madura. Harmonisasi yang dinamis, rancak, dan bertema keriangan dari bunyi yang dihasilkannya memang dipadukan dg karakteristik dan identitas masyarakat Madura yang tegas, polos, dan sangat terbuka mengilhami penciptanya . Saronen berasal dari bahasa Madura " sennenan " (Hari Senin).

Alat Musik Saronen ini berbentuk krucut dan terbuat dari kayu jati yang sangat kuat, dengan 6 lubang berderet didepan dan 1 dibelakangnya, pada bagian pangkalnya ada sebuah sayap dari tempurung yang menyerupai kumis, sehingga menambah kesan gagah pada peniupnya, Alat musik Saronen inilah yang jadi pemandu pada pertunjukan kuda serek, sapi sonok, karapan sapi , bahkan pada persepsi pernikahan juga digunakan, namun seiring dengan perkembangan zaman alat musik Saronen sudah jarang dipakai untuk acara seperti resepsi pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar