Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Minggu, 29 Maret 2015

Senjata Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta


Setiap bangsa di dunia dapat dipastikan memiliki senjata untuk menghadapi lingkungannya, baik senjata untuk mempertahankan diri, menyerang, maupun berburu. Sudah sejak berabad-abad yang lampau, nenek moyang kita telah mengenal berbagai jenis senjata untuk menghadapi lingkungannya. Aktivitas nenek moyang kita dalam penggunaan senjata dapat diketahui dari relief-relief candi, cerita-cerita babad,tulisan-tulisan sejarah perjuangan rakyat melawan penjajah dan sebagainya.

Senjata tradisional mempunyai peran penting dalam kehidupan maupun perjuangan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Akan tetapi, sampai saat ini hanya beberapa senjata yang masih dimiliki sebagian dari masyarakat Jawa yaitu keris, tombak, patrem, canggah, wedhung. Sementara itu, senjata tradisional yang dikenal tetapi sudah jarang diketemukan adalah pedang, condroso, bandhil, dan tameng, serta alat berburu seperti tulup dan plintheng.

Kategori senjata

Terdapat perbedaan penggunaan senjata antara yang dipakai pada masa lampau dengan masa sekarang. Pada masa lampau, senjata dipergunakan sebagai alat untuk menyerang dan membela diri, sedangkan pada masa sekarang, senjata menjadi benda-benda pusaka, kelengkapan tata busana, dan sebagainya.

Berbagai senjata yang dahulu digunakan oleh nenek moyang kita pada dasarnya adalah alat untuk membela diri, pada umumnya masuk dalam beberapa kelompok senjata, yaitu :

1. Senjata tikam, yaitu keris, tombak, patrem, wedhung, pedang, condroso, canggah, cangkol, dan sebagainya.
2. Senjata lempar yaitu badhil, plintheng, tulup, dan bandring.
3. Senjata untuk membela diri yaitu tameng
4. Senjata untuk berburu yaitu dikenal dengan nama tulup dan plintheng.

1.a. Keris

Keris Yogyakarta (https://www.flickr.com)

Senjata keris, digunakan dengan jalan menghunus bilahnya dari wrangkanya. Dalam peperangan, keris digunakan bila sedang berhadapan begitu dekat.

1.b. Tombak

Tombak (https://arsip.tembi.net)

Tombak, biasanya dipergunakan sebagai alat tusuk ataupun dilempar sebagai lembing pada saat peperangan atau sedang berburu. Tombak mempunyai tangkai yang panjang, yang dikenal dengan istilah landheyan (baca: Tombak).

Ujung Tombak (https://kerisberdiri1.blogspot.com)

1.c. Patrem

Keris (di tengah) dan dua Patrem (https://teguhsrahardjo.blogdetik.com)

Senjata patrem, pada dasarnya prinsipnya senjata seperti keris.

1.d. Wedhung

Wedung (https://bursatosanaji.blogspot.com)

Senjata wedhung, alatnya berbentuk mirip pisau tetapi ukurannya lebih besar. Penggunaannya sama dengan keris. Hanya saja, kalau keris biasanya dikenakan di belakang, namun senjata wedhung dan patrem digunakan di muka. Walaupun, ada juga yang menggunakan wedhung di samping badan.

Wedung (https://bursatosanaji.blogspot.com)

Wedhung termasuk salah satu perlengkapan busana kraton. Wedhung digunakan pada saat-saat khusus oleh semua kepala prajurit bila sedang menghadap raja. Di Kraton Yogyakarta, wedhung merupakan senjata ampilan bagi abdi dalem maupun keparak yang berpangkat lurah ke atas.

1.e. Pedang

Pedang (https://arsip.tembi.net)

Senjata tradisional yang juga dikenal dan dipakai oleh masyarakat Jawa, khususnya pada zaman kerajaan adalah pedang. Bahkan hingga kini, pedang kadang masih dipakai oleh para senapati perang atau pimpinan prajurit dalam upacara-upacara tradisional di kraton seperti grebeg, pernikahan putri raja, atau penobatan raja (baca: Pedang).

1.f. Condroso

Ilustrasi Condroso atau Tusuk Konde (https://fitinline.com)

Condroso, adalah senjata kecil mirip hiasan pada rambut. Condroso masuk dalam kelompok senjata tikam yang digunakan apabila musuh telah lengah.

Pada zaman dahulu, condroso banyak dipakai oleh wanita yang bertugas sebagai mata-mata. Condroso dipakai sebagai hiasan sanggul sehingga tidak diketahui musuh.apabila musuh tengah lengah, condroso digunakan untuk membunuh.

1.g. Canggah

Canggah

Canggah, bentuknya seperti tombak tetapi mempunyai mata tombak sebanyak dua buah. Canggah disebut juga dwisula. Prinsip kerja canggah sama dengan tombak, tetapi biasanya mata tombak diarahkan ke leher lawan sehingga dapat berfungsi sebagai penjepit leher lawan.

1.h. Cangkol

Cangkol, senjata ini mirip dengan canggah. Cangkol sebenarnya tombak dengan bentuk mata tombak mirip kudha trancang. Prinsip kerja cangkol sama dengan canggah, tetapi ditambahkan dengan fungsi mengait leher lawan.

Pada zaman dahulu, canggah atau cangkol digunakan untuk menangkap perampok, pencuri dan sebagainya.

2.a. Bandhil

Bandhil (https://makroeph.blogspot.com/)

Bandhil atau umban pelempar batu. Ada tiga jenis bandhil yaitu brubuh, jauh, dan lepas.

Bandhil Brubuh

Bandhil brubuh digunakan dalam pertempuran jarak dekat. Bandhil brubuh berupa tali yang terbuat dari besi, dan pelurunya juga dari besi.

Bandhil Jauh

Bandhil jauh sama dengan bandhil brubuh, namun talinya terbuat dari anyaman serat-serat yang ulet, namu, namun pelurunya tetap dari besi.

Bandhil Lepas

Bandhil lepas juga seperti bandhil brubuh dan jauh, hanya saja talinya dari tampar, dan pelurunya dari batu. Bandhil lepas dapat dipergunakan untuk pertempuran jarak jauh maupun jarak dekat.

2.b. Plintheng

Plintheng (https://lecturer.ukdw.ac.id/)

Plintheng juga alat untuk berburu binatang. Pegangan plintheng terbuat dari kayu, sedangkan talinya menggunakan sejenis karet (pentil).

2.c. Tulup

Tulup (https://www.kaskus.co.id/)

Tulup merupakan alat untuk berburu. Tulup berupa bambu kecil dan agak panjang. Dengan cara meniup lubang bambu, maka peluru yang tebuat dari tanah liat atau buah kecil akan melesat mengenai sasaran.

3. Tameng

Prajurit Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat dengan Tameng (https://krjogja.com/)

Tameng adalah senjata untuk membela diri. Tameng biasanya dipakai oleh prajurit pada waktu perang, ronda, dan lain sebagainya. Tameng berfungsi untuk perisai tubuh terhadap senjata tajam yang melukainya.

Sumber: 
Beberapa Senjata Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Ernawati Purwaningsih (e-Book)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar