Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Jumat, 17 April 2015

Masjid Pincuran Gadang Kabupaten Agam Sumatera Barat

Masjid Pincuran Gadang (https://matua-hilia.blogspot.com)

Masjid Pincuran Gadang terletak di Nagari Pincuran Gadang, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, berada di sebuah lembah yang bernama pincuran gadang, dengan luas Lahan 726 m2 dan Luas Bangunan 225 m2.

Masjid Pincuran Gadang, bangunan tua yang diapit perbukitan itu menyiratkan kedamaian dan ketenangan. Suasana bertambah syahdu dengan hembusan semilir angin gunung, dan udara yang sejuk. Di kolam pemandian tersebut dipelihara ikan mas, yang seakan menari menyambut kedatangan pengunjung ke sana. Ikan berwarna merah kee­masan itu terlihat jinak. Mungkin tidak pernah merasa terusik keselamatan mereka.

Tempat wudhu, airnya bening mengalir ke sawah sekitar Masjid Pincuran Gadang

Di sana ada kolam pemandian, dengan airnya nan bening dan sejuk. Di samping masjid mengalir deras, dengan airnya yang juga bening dan bersih. Antara mesjid dengan kolam pemandian, dibatasi jalan. Jalan yang sudah diaspal itu cukup mulus, sehingga tidak sulit mencapai lokasi tersebut, baik dengan kendaraan roda dua, atau menggunakan mobil.

Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, bangunan masjid ini dibangun pada sekitar tahun 1885 oleh Tuanku Alam Putih, merupakan seorang ulama yang memasyarakatkan agama Islam di daerah Matur, Kabupaten Agam.

Arsitektur

Masjid Pincuran Gadang dengan pemandian alam (https://komapos.com)

Arsitektur masjid ini mewakili masa gaya tradisional Minangkabau dengan perpaduan arsitektur kolonial. Pada menara masjid ini terdapat inskripsi dalam huruf latin "ANNO 1931"

Deskripsi Bangunan

Bangunan induk empat persegi panjang, dengan atap gonjong tunggal dibangun tinggi menjulang, bagai penangkar petir. Sedangkan bangunan mihrab, juga segi empat, dengan atap kubah, layaknya mesjid lainnya.

Bangunan Masjid Pincuran Gadang dikelilingi oleh pagar tembok setinggi 0,5 m, panjang 28 m, dan lebar 26 m. Pintu masuk ke kompleks masjid berada di sisi selatan. Serambi depan berukuran 5,25 x 5 m.

Ruang Utama

Pada bagian tengah ruang utama terdapat 9 tiang dari bahan kayu yang posisinya secara persegi konsentris terhadap sebuah tiang utama yang berada di tengah ruangan. Tiang utama tersebut berhias ukiran bunga dan kaligrafi Arab yang distilir.

Mihrab

Bagian mihrab berukuran 7,5 x 4,5 m.

Menara

Menara

Bangunan menara yang berada di pintu masuk kompleks Kolam tempat wudhu masjid berupa bangunan dari bata berspesi tanpa atap. Menara berbentuk persegi delapan dengan tinggi 3,5 m dan keliling lingkaran 4 m.

Pintu masuk berada di barat laut menghadap ke masjid. Pada bagian atas pintu terdapat tulisan Arab dalam bidang setengah lingkaran dan angka tahun dengan kata Latin ANNO 1931. Berdasarkan langgamnya bangunan menara ini berarsitektur Belanda. Menara ini berfungsi untuk mengumandangkan adzan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar