Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Sabtu, 04 April 2015

Tempat Pentas Seni Budaya di Tegal Jawa Tengah


Denyut kesenian Kota Tegal, sejak era 1970, sudah menampakkan gairahnya. Teater RSPD, Teater Puber, dan Teater Massa Hisbuma merupakan kelompok seni yang paling meramaikan khasanah kesenian Kota Tegal hingga dasawarsa 1990-an. Tercatat pula, beberapa seniman atau grup Band berskala nasional yang pernah berkunjung dan mementaskan karyanya seperti; WS Rendra, Bengkel Teater, Teater Lingkar, Teater Tetas, ADA Band, Kerispatih, Dewa 19, Ari Lasso, Ari Sutedja (pianis), Luluk Purwanto, dan masih banyak lagi.

Sahabat GPS Wisata Indonesia, dirangkum kembali dari berbagai sumber, mengetengahkan tempat pentas Seni Budaya di Tegal. Semoga bermanfaat.

Gedung Kesenian (Gedung Wanita) 
Jalan Setiabudi, Tegal, Jawa Tengah

Gedung Kesenian (Wanita) Tegal (https://www.panoramio.com)

Menjadi wahana ekspresi para seniman Kota Tegal. Kesenian di kota ini cukup menarik perhatian para peneliti dari luar negeri, antara lain Richard Curtis (Australia), dan Anton Lucas (Australia, penulis buku Peristiwa Tiga Daerah).

Saat acara peluncuran buku antologi “Dari Negeri Poci 5: Negeri Langit” (https://rumahdunia.com)

Taman Budaya Tegal (TBT) 
Kompleks Gedung PPIB
Jl. Kolonel Sugiono No. 152, Tegal Barat, Tegal

Taman Budaya Tegal (https://id.wikipedia.org)

Pembangunan TBT, dengan area seluas 1 hektar dimulai pada tahun 2009 semasa Walikota Adi Winarso, S.Sos. Sedangkan peresmiannya dilakukan pada tanggal 19 Desember 2012, semasa pemerintahan Ikmal Jaya, S.E, Ak.

Pentas Teater RSPD Tegal yg ke 69 "Testimoni drupadi" di Taman Budaya Tegal  (https://citizenimages.kompas.com)

Tahun-tahun selanjutnya, Pemerintah Kota Tegal masih akan melanjutkan dengan membangun pendhapa, ruang pamer, studio, pusat dokumentasi, dan wisma seni. Sedangkan pengelolaannya ditangani langsung oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata.

Penyanyi Ebiet G Ade membawakan lagu hitsnya "Yogyakarta" saat tampil di Taman Budaya Tegal (https://www.antarakalbar.com)

Jika di Kota Semarang sudah terdapat Taman Budaya Raden Saleh (TBRS), di Surakarta sudah dibangun TBJT, maka pembangunan TBT diproyeksikan menjadi pusat aktivitas seni-budaya di Jawa Tengah bagian barat yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Batang.

Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA) 
Jalan Raya Tegal – Purwokerto, Tegal

TRASA (https://infotegal.com)

TRASA yang baru dibuka awal tahun 2013, berlokasi tepat di depan Terminal Bus Slawi. Lokasi yang sangat strategis karena berada di depan jalan utama yang menghubungkan Tegal – Purwokerto maupun sebaliknya.

TRASA (https://www.bappeda.tegalkab.go.id)

Sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar