Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 12 Maret 2015

Pulau Sipora, Sorganya bagi Peselancar

Gulungan ombak Pulau Sipora (https://www.wisatapantai.com)

Kepulauan Mentawai adalah nama salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Barat. Kabupaten Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni, yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan yang mayoritas dihuni oleh suku Mentawai.

Pulau Sipora (https://news.swipeloud.com)

Pulau Sipora merupakan pulau kecil yang sangat stategis dari ke 4 pulau besar yang ada di Mentawai, Sumatera Barat. Posisi pulau Sipora sendiri tepat berada di tengah-tengah antara kepulauan Pagai dan pulau Siberut. Di pulau ini pula terletak ibu kota kabupaten Kepulauan Mentawai, yakni Tua Pejat. Pulau ini menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun manca negara, karena di sekitar pulau ini terdapat beberapa tempat wisata berselancar yang sangat memukau. Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi pulau Sipora untuk berselancar adalah pada bulan april hingga oktober setiap tahunnya. Walaupun demikian, pengunjung masih dapat menikmati gulungan ombak yang menantang di pulau ini hampir sepanjang tahun.

Peta Kepulauan Mentawai (https://www.reznovianto.com)

Berada di tengah-tengah kepulauan Pagai dan Pulau Siberut, menjadikan pulau ini sebagai kawasan yang sangat strategis untuk menikmati dan menelusuri keindahan Mentawai dan pulau sekitar. Untuk menikmati Pulau Sipora dapat dilakukan dengan berkeliling menggunakan speed boat atau perahu yang merupakan kendaraan utama yang ada di pulau ini. Selain menantang ombak yang ganas di pulau ini, pengunjung juga dapat melirik atau memanfaatkan ombak untuk berselancar di pulau terdekat lainnya. Selain dikenal dengan ombaknya yang ganas, serta kebanyakan para turis datang untuk berselancar di pulau ini, Pulau Sipora juga dikenal dengan wisata bahari yang begitu mempesona.

Ombak Pulau Sipora (https://nopita99.blogspot.com)

Ragam Jenis Ombak

Di pulau ini, wisatawan dapat memilih beragam jenis ombak, karena di pulau ini sendiri memiliki 4 jenis ombak yang menantang, seperti The Surgeon Table, yaitu ombak yang seolah-olah mengangkat peselancar ke puncak ombak. Terdapat pula Lance’s Left, merupakan ombak yang paling kuat dan konsisten di pulau ini dan sekitarnya.

Ragam ketinggian ombak (https://www.mentawai-travel.com)

Di bagian barat laut Pulau Sipora, terdapat pula dua jenis ombak yang terkenal lainnya. Telescopes merupakan jenis ombak yang sangat panjang, ada pula Semi Hollow yaitu ombak yang bergulung-gulung dengan lubang di bagian tengahnya yang nyaris sempurna bagi sebagian peselancar. Ada pula Ombak Scrarecrows, dengan zona take off kiri yang terbentuk dinding gelombang yang bergulung dengan cepat, ombak jenis ini sangat cocok bagi peselancar kelas menengah.

Aksesbilitas

Untuk mencapai Kepulauan Mentawai, dapat ditempuh dengan dua cara :

  1. Perjalanan laut dari Padang, bisa menggunakan Kapal Laut Ambu Ambu milik PT ASDP Padang-Sumatera Barat yang secara rutin berlabuh ke Pelabuhan Tuapejat pada hari Senin, Rabu dan Sabtu. Selain itu, bisa juga menggunakan kapal kayu atau barang milik swasta yang mengangkut hasil bumi bolak-balik antara Mentawai - Padang. Namun perjalanan laut dihadapkan pada ketergantungan kecerahan cuaca. 
  2. Perjalanan menggunakan pesawat udara, dari Bandara Internasional Minangkabau-Padang setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu. Pesawat dari perusahaan penerbangan Sabang Merauke Air Charter rutin mengunjungi Bandara Rokot di Tuapejat. 

Akomodasi

Karena tidak ada pilihan lain maka Anda bisa tinggal di rumah penduduk setempat tetapi jangan khawatir karena penduduk di Desa Madobak, Ugai, dan Matotonan sangat bersahabat dan ramah, mereka terbiasa dengan wisatawan.

Anda yang berkunjung untuk berselancar, tersedia homestay sederhana di beberapa desa tertentu, seperti: Pantai Nyangnyang, Pantai Karang Bajat, Pantai Karonik, dan Pantai Pananggelat Mainut di Kecamatan Siberut Selatan. Pantai Katiet Bosua di Kecamatan Sipora, dan Pantai Selatan. Ada juga Pantai Barat di Kecamatan Pagai Utara.

Namun sebagian pengunjung ada yang menyewa kapal pesiar yang ada di Padang untuk dijadikan penginapan.

Apabila Anda hanya ingin tinggal sementara di Mentawai tanpa berkunjung ke tempat-tempat lain di sekitar Kepulauan Mentawai maka berikut ini beberapa hotel yang bisa jadi referensi.

Aloita Resort & Spa
Pulau Simakakang Tuapejat, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat
Telp: +62 (759) 320354
Email: info@aloitaresort.com
Website: https://www.aloitaresort.com

Awera Island Surf Camp
Mentawai
Website: https://www.aweraisland.com

Coconuts Mentawai
Pulau Mentawai
Telp: +62-816-4821041
Email: rosemary@coconuts-mentawai.com
Website: https://coconuts-mentawai.com

Mentawai Atmosphere
Telepon : +62853 55 688299
Email: info@mentawaiatmosphere.com
Website: https://www.mentawaiatmosphere.com

Tips

Untuk mengunjungi desa wisata di Mentawai maka Anda perlu ditemani pemandu wisata yang memahami masyarakat dan budaya setempat. Pemnadu di sini akan meyakinkan keamanan dan kenyamanan Anda selama perjalanan. Anda bisa membayar pemandu wisata dari agen perjalanan di Bukittinggi atau di Pelabuhan Muara Siberut.

Kondisi laut antara Siberut dan Sumatera Barat terkadang terkadang sangat sulit ditempuh kapal karena ombaknya cukup besar. Hal itu khususnya pada Juni dan Juli dimana ombaknya bisa sangat membahayakan jiwa.

April hingga Oktober adalah waktu yang tepat untuk berselancar mengingat bulan tersebut ombak di Kepulauan Mentawai mencapai titik ketinggian maksimal. Pada bulan November hingga Maret, kondisi ombaknya tak terlalu tinggi sehingga kurang menantang untuk kegiatan perselancaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar