Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Sabtu, 28 Maret 2015

Senjata Tradisional Banten

Golok Ciomas (https://archive.kaskus.co.id)

Banten merupakan salah satu provinsi yang kaya dengan berbagai jenis kegiatan kesenian serta kebudayaan. Mulai dari alat musik tradisional sampai benda-benda unik yang memiliki nilai seni tinggi, masih terjaga dan berpotensi besar sebagai daya tarik pariwisata di Provinsi Banten.

Sahabat GPS Wisata, dirangkum kembali dari berbagai sumber, Senjata Tradisional yang ada di Propinsi Banten.

Golok

 Golok Ciomas Salamnunggal dengan panjang 7 m, lebar 40 cm dengan berat 2 ton, dan merupakan golok yang terbesar di dunia (https://www.kaskus.co.id)

Golok pun dapat menjadi sebuah karya seni. Keindahan golok dapat dilihat dari bagian gagang dan sarungnya. Ada kesan unik dan bersejarah ketika melihat sarung dan gagang pada golok. Hantaman godam melumat besi baja untuk membuat bilah golok dan ketrampilan pengukir ternyata membuat sarung dan gagang golok telah menghasilkan benda yang bernilai tinggi.

Golok Banten adalah benda sejarah yang merupakan simbol peradaban zaman Kerajaan Banten. Dahulu golok digunakan sebagai alat pertahanan untuk melawan musuh atau orang yang berniat mengancam keselamatan. Golok Banten digunakan para jawara untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan sebagai lambang kehormatan dan derajatnya sebagai jawara.

Beberapa golok milik jawara Banten dijual dengan harga yang cukup tinggi. Hari ini banyak orang yang memfungsikan golok untuk menambah keberanian, kekuatan, ilmu kanuragan, mempercepat penyerapan keilmuan, wibawa, dan penjaga.

Golok Ciomas

Golok Ciomas (https://golokciomas.blogspot.com)

Salah satu Golok Banten yang terkenal yaitu Golok Ciomas, hanya bisa didapatkan di sebuah daerah bernama Ciomas, Serang, Banten.

Berdasarkan keterangan Kiai Muhaemin, Pimpinan Pondok Pesantren Saanabil huda, yang juga sebagai salah satu pewaris atas pembuatan Golok Ciomas mengatakan, tidak sembarangan orang dapat membuat Golok Ciomas, karena dalam proses pembuatannya membutuhkan ritual khusus dan juga alat khusus yang merupakan warisan turun-temurun.

Golok Ciomas (https://www.kaskus.co.id)

Golok Ciomas ini terdiri dari beberapa jenis, yakni jenis Salamunggal, Mancungan, Malapah Gedang, Candung, Kembang Kacang, dan Bedul Mungkuk. Serta untuk ‘gagang’ nya sendiri juga terdapat beberapa penamaan, yaitu Jengkol Sahulu, jebuk Sepasi, Pala Burung, Wayangan Standar Ciomas, Wayangan Satria. Penamaan ini digunakan untuk membedakan asli atau tidaknya golok.

Konon kabarnya Golok Ciomas dipercaya sebagai senjata yang dapat meredam amarah dan hawa nafsu orang, oleh karenanya Golok ciomas ini juga dikenal sebagai ‘senjata perdamaian’. Atas keistimewaannya tersebut menjadikan Golok Ciomas sebagai warisan budaya khas Banten yang cukup terkenal.

Golok Salungkar

Golok Salungkar dengan Sertifikat (https://id-id.facebook.com/notes/sentral-pengrajin-golok-banten/legenda-golok-sulangkar-dari-tanah-banten/1488828328061836)

Golok Sulangkar adalah Golok Kramat Asli Warisan budaya Banten dan Golok ini di Gunakan Masyarakat Banten Sebagai Senjata Saat Melawan Penjajah, Dahulu Orang Banten Menggunkan Golok Sulangkar ini di Oleskan dengan Racun Agar Melumpuhkan Musuh. Racun yang di Oleskan Adalah Ular Tanah, Katak Budug dan Kalajengking.

Sulangkar asli terbuat dari besi pilihan diantaranya besi Pelat Hitam, yang disebut besi sulangkar, dan baja dari kihkir bekas, besi sulangkar yang digunakanpun harus besi pilihan yang mengandung besi yang sudah dipakai oleh orang-orang zaman dulu/bekas pakai (konon dipercayai besi Kuno Mengandng mistis yang kuat) seperti bekas material andong alias sado atau dokar hingga ranjang jaman dulu.

 Golok Salungkar Tanduk Kebo Bule (https://id-id.facebook.com/notes/sentral-pengrajin-golok-banten/legenda-golok-sulangkar-dari-tanah-banten/1488828328061836)

Cara pembuatan

Cara pembuatanyapun tidak mudah, bahan tersebut harus disatukan dengan cara dibakar terlebih dahulu, kemudian ditempa sampai menjadi satu. Lempengan besi kemudian dibentuk sesuai ukuran yang diinginkan, kemudian setelah membentuk lalu difinishing agar jadi golok yang siap pakai, ada yang memakai gagang dari tanduk kerbau dan ada juga yang dari kayu, tergantung selera masing-masing, tapi gagang dari tanduk kerbau agak sedikit mahal apa lagi tanduk kerbau bule.

Demi Keamanan

Golok Sulangkar di Netralisir Racunnya, di tiadakan, tanpa menghilangkan pamor dan khas Golok Sulangkar dari Banten. Sebab kalau ada racunya, di pegang bilahnya tangan kita pasti radang. Kalau tergores sedikit saja, langsung Infeksi dan cepat membusuk, itu bahanyanya.

Bedog

Bedog adalah peralatan yang penting dalam keperluan sehari-hari seperti untuk memangkas pohon, menebang bambu, keperluan dapur dan lain-lain.

Congkrang (Arit)

Ada juga sejenis bedog yang bentuknya agak berbeda dengan bedog atau golok dimana bagian ujungnya melengkung ke bawah dan disebut congkrang atau arit. Fungsinya lebih banyak digunakan untuk menyabit rumput atau keperluan di kebun lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar