Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Jumat, 15 Januari 2016

Kampung Wisata Rejowinangun Kota Yogyakarta DIY


Kampung wisata Rejowinangun terletak di Kelurahan rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta tepatnya sebelah selatan Kebun binatang Gembiraloka.

Kampung wisata ini telah dirintis sejak tahun 2010 dan dengan kerjasama seluruh elemen masyarakat, pada tanggal 04 Oktober 2013 oleh Kepala dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, Kampung Wisata Rejowinangun diresmikan.

Kelurahan Rejowinangun merupakan satu kelurahan dari tiga kelurahan yang ada di Kecamatan Kotagede, sebuah kecamatan diujung timur Kota Yogyakarta yang terkenal dengan perak dan bekas kerajaan Mataram.

Kelurahan Rejowinangun memiliki banyak potensi yang jika dikembangkan sungguh akan sangat luar biasa, meskpun saat ini yang terkenal baru Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembiraloka yang lokasinya berada di wilayah Kelurahan Rejowinangun. Dengan adanya tempat wisata KRKB Gembiraloka di wilayah ini, berusaha mengembangkan wilayah kelurahan dengan potensi yang ada sehingga wisatawan selain mengunjungi Gembiraloka bisa singgah di kampung wisata ini.

Di wilayah Kelurahan Rejowinangun dengan populasi 12 ribu jiwa ini diterapkan lima sistem kluster agar potensi wilayah bisa berkembang dengan baik dan masyarakat bisa maju bersama. Klaster Kampung Budaya ada di RW 1 s.d 5, Klaster Kampung Kerajinan di RW 6 dan 7 dengan produk unik lukis kaca terbalik, Klaster Kampung Kuliner di RW 10, Klaster Kampung Herbal di RW 8 dan 9 dengan produk unggulan jamu J’GER, serta Klaster Kampung Agro di RW 11, 12, dan 13. Sementara itu di bidang pelayanan ada Sistem Informasi Kampung (SIK) berbasis RT untuk mewadahi semua potensi di tingkat RT.

Potensi Klaster

Klaster Kampung Budaya

Klaster Kampung Budaya ada di RW 1 sampai dengan 5, akan diketemukan beragam potensi seni budaya ada dan siap dikunjungi oleh wisatawan, seperti:

a. Sanggar Tari Sekar Arum


Sanggar tari Sekar Arum merupakan sanggar tari yang khusus mengajarkan tari tradisional khususnya tari jawa. Sanggar tari ini rutin berlatih setiap hari Kamis sore pukul 16.00 Wib di Pendopo Bapak Frans Gunawan yang berada di Rejowinangun RW 09.


b. Karawitan dan Panembromo Retno Budoyo Rini


Karawitan dan Panembromo Retno budoyo Rini berlokasi di jl Ki Penjawi 37 dan dibawah bimbingan Bapak Untung Suparjo rutin berlatih setiap jumat malam jam 19.00 WIB.


c. Cokekan
d. Gejog lesung


Gejog lesung dengan nama Sekar Budoyo merupakan kelompok pecinta seni lesung dengan jumlah pemain 25 orang dan rutin berlatih setiap rabu sore Pukul 16.00 Wib di Jl Ki penjawi 37

e. Macapatan
f. Keroncong
g. Campursari
h. Kethoprak Sekar Budoyo
i. Pelatihan Bahasa Jawa
j. Hadroh
k. Siteran

Siteran

Klaster Kampung Kerajinan

Klaster Kampung Kerajinan terletak di RW 6 dan 7, disini banyak sekali pengrajin atau warga yang mempunyai usaha kerajinan.

a. Kerajinan Batik
b. Kerajinan Lukis Kaca terbalik
c. Kerajinan Fiber
d. Kerajinan blangkon
e. Kerajinan dari Sampah An Organik


f. Kerajinan Akrilik



g. Kerajinan Sulam Pita
h. Kerajinan Kulit
i. Kerajinan souvenir

Klaster Kampung Kuliner

Klaster Kampung Kuliner terletak di RW 10, seperti

a. Bakmi Jowo Mbah Gito
b. Industri Pembuatan Tempe
c. Makanan tradisional

Klaster Kampung Herbal

Klaster Kampung Herbal terletak di RW 8 dan 9, dengan produk jamu gendong dan jamu instan, produk unggulan jamu J’GER

Klaster Kampung Agro

Klaster Kampung Agro terletak si RW 11, 12, dan 13.
a. Pertanian
b. Peternakan
c. Perikanan

Potensi Adat istiadat

a. Tingkeban (tujuh bulanan kehamilan)
b. Upacara adat wiwit pari

Potensi Situs Kuno

a. Benteng peleman
b. Nogobondo
c. Situs manuk beri

Inap Kampung (Home Stay)

Tersedia di rumah penduduk Kampung Wisata Rejowinangun.

Informasi lebih Lanjut Hubungi

Kampung Wisata Rejowinangun
Kelurahan Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta
Telp.: (62) 274 384212 (Jam Kantor)
Website: https://rejowinangun.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar