Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Senin, 07 Desember 2015

Permainan Tradisional Ayunan Kayu

Permainan Tradisional Ayunan Kayu (https://fotokita.net)

Desa Wisata Adat Tenganan adalah salah satu desa kuno di Bali penduduknya yang disebut dengan Bali aga atau Bali asli. Jika anda suka dengan wisata tradisi dan budaya nampaknya wisata ke Desa Tenganan ini wajib anda kunjungi jika berlibur ke Bali.

Tradisi yang terkenal disini adalah perang pandan yang sudah sangat dinanti-natikan oleh wisatawan mancanegara (Wisman) maupun Domestik (Wisnus), di sela-sela Perang Pandan juga menampilkan tradisi unik lainya yaitu bermain ayunan tradisional yang menjadi warisan leluhur.

Permainan Tradisional Ayunan Kayu (https://bali.tribunnews.com)

Ayunan dimainkan oleh delapan orang daha (wanita) gadis-gadis ini mengenakan kain rangrang berwarna kuning ke-emasan para gadis kemudian menempati tempat duduk di dalam ayunan yang terpasang di halaman desa.

Sedangkan di sisi kanan dan kiri tiang ayunan dua orang petugas dari pemuda desa telah siap untuk memutar ayunan yang diisi oleh delapan orang daha tersebut. Arah putaran nya pun tidak boleh sembarangan yaitu tiga kali ke arah selatan dan tiga kali ke arah utara, begitulah cara kerja permainan ayunan ini masing-masing minimal harus dilakukan tiga kali putaran.

Sumber: Actiontourbali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar