Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 22 Oktober 2015

9 Kuliner Khas Makassar Wajib Dicoba


Daerah Makassar memiliki kuliner yang dikenal luas. Banyak makanan Makassar yang sudah menjadi kesukaan banyak orang. Misalnya, coto makassar dan sop konro. Namun, makanan khas lainnya tidak kalah lezat untuk dicoba. Berikut ini beberapa makanan khas Makassar yang wajib dicoba.

Coto Makassar

Coto Makassar dengan Ketupat (https://blog.catallya.com)

Kuliner kebanggaan masyarakat Makassar ini memiliki sejarah yang dimulai pada masa kerajaan Gowa dahulu. Dilansir dari tourism-makassar.com pada Selasa (12/5/2015), Coto Makassar pertama kali dihidangkan pada jamuan kerajaan Goa tahun 1538.

Pada masa itu, tidak sembarang orang dapat membuat Coto Makassar. Pasalnya pembuatan masakan itu membutuhkan rempah berkualitas dimana hal tersebut hanya bisa didapatkan oleh kaum kerajaan. Rempah yang digunakan di makanan ini bervariasi mulai dari kemiri, cengkeh, kayu manis, dan lain sebagainya. Masakan ini juga ternyata mengandung elemen khas Tiongkok, yakni tao-co.

Makanan berkuah dari Makassar ini berisi jeroan sapi seperti hati, jantung, usus, limpa, babat dan daging iga sapi. Isi ini direbus sampai empuk dan ditambah berbagai bumbu rempah-rempah seperti jinten, ketumbar, serai, lengkuas, dan lainnya. Coto makassar biasa dimakan bersama ketupat dan sambal taoco sebagai pelengkap.

Pallubasa

Pallubasa dengan Nasi (https://pengenliburan.com)

Pallubasa juga mirip dengan Coto Makassar. Palubassa dibuat dari jeroan kerbau, sedangkan Coto Makassar dengan jeroan Sapi.. Yang membedakan dengan coto makassar adalah bumbunya, ditambahkannya kelapa sangrai pada proses pemasakan. Kuahnya pun menjadi kental dan gurih dengan adanya tambahan kelapa. Aromanya berbeda karena santan lebih kental dan serbuk kelapa yang menyatu dengan kuah pallubasa. Pallubasa pas dimakan bersama nasi.

Sop Konro

Sop Konro (https://www.jendelakuliner.com)

Potongan sapi yang empuk dengan kuah kluwek berwarna hitam merupakan ciri khas dari sop asal Makassar ini. Bumbu-bumbu dengan aroma yang harum dengan rasa khas menambah keunikan sop ini. Kayumanis dan cengkeh yang digunakan dalam sop ini membuat rasanya terasa berbeda di lidah.

Mi Kering

Mi Kering (https://mblusuk.com)

Makanan ini mirip dengan ifumi, hanya saja ukuran mi lebih kecil. Nama yang dikenal untuk makanan ini adalah mi kering. Disebut demikian karena mi yang digunakan adalah mi basah yang kemudian digoreng menjadi kering. Mi yang sudah mengering ini kemudian disiram dengan kaldu kental yang berisi cumi, udang, ayam, hati dan jamur. Kaldunya yang gurih berpadu sangat pas dengan rasa mi sehingga menghasilkan makanan yang lezat.

Kapurung

Kapurung (https://www.bloggersbugis.com)

Jika di Papua ada Papeda, di Makassar juga memiliki makanan yang mirip papeda yang disebut Kapurung. Berbahan dasar sagu, kapurung tersaji kenyal yang berasal dari sagu. Pada Kapurung tidak lupa ditambahkan bahan sayuran lainnya seperti bayam, jagung, kacang panjang dan jantung pisang. Untuk makanan penghasil protein, tidak lupa ditambahkan udang atau ayam.

Kapurung biasa dimakan dengan kuah pindang ikan. Campuran rasa asam, pedas dan gurih membuat banyak orang yang memburunya. Ditambah lagi dengan komposisi bahannya yang alami. Rasanya, ini makanan yang kaya dengan serat ini cocok untuk Anda yang sedang diet dan ingin hidup sehat.

Nyuknyak

Nyuknyak (https://goiq.blogspot.co.id) 

Merupakan bakso khas Makassar. Campuran daging dan sagu menghasilkan makanan yang kenyal nan lezat ini. Ditambah dengan kuahnya yang gurih dan segarnya sambal kuning yang akan membuat Anda menyukainya. Nyuknyak biasa disajikan dengan lontong khas Makassar, ini akan membuat perut Anda terisi penuh lebih lama. Namun, jika Anda tidak ingin mengisi perut terlalu penuh, Anda cukup menikmati nyuknyak saja, tanpa perlu tambahan lontong.

Pisang Epe 

Pisang Epe (https://hobingunyah.com)

Berarti pisang jepit, karena kata epe sendiri berarti jepit. Pisang yang dijepit sampai gepeng kemudian dibakar ini merupakan cemilan yang cocok untuk menemani kegiatan wisata Anda. Pisang yang umum digunakan adalah pisang kapok yang tidak terlalu matang sehingga teksturnya tidak lembek. Pisang yang dibakar diatas bara api ini akan diberi tambahan toping sepetah setelah berwarna kecoklatan. Pada walanya, toping yang digunakan berupa saus gula merah. Namun, kini Anda dapat memeilih beberapa pilihan toping favorit seperti saus durian, coklat atau keju. Pidang Epe banyak ditemukan di sepanjang pantai Losari. Hmm... pasti menyenangkan menikmati pisang epe sambil memandang indahnya matahari tenggelam di Pantai Losari.

Langga Roko

Langga Roko (https://box.renyah.com)

Langga Roko semacam pepes ikan, dimana ikan dibungkus dengan daun pisang lalu dipanggang dengan aroma bumbu khusus. Bau daun pisang yang dibakar akan membuat rasa ikan semakin lezat. Biasanya pallubasa dimakan bersama nasi.

Seafood Makassar

Kepiting lada hitam (https://bajiki.com)

Makanan laut merupakan salah satu hasil kekayaan alam yang dimiliki Makassar. Kepiting, udang, cumi, kerang dan ikan-ikan laut memiliki kualitas yang baik. Seafood lebih nikmat karena seafood yang diolah masih dalam keadaan segar. Anda dapat memilih sendiri seafood akan diolah dengan direbus, digoreng atau dibakar. Karena masih fresh, seafood Makassar layak dicoba. Anda akan menjumpai banyak rumah makan seafood si sepanjang Pantai Losari.

Sumber: Kumpulan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar