Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 01 Oktober 2015

Opi Bachtiar Lestarikan Sutra Makassar Melalui Rancangannya


Desainer sekaligus selebriti tanah air, Opi Bachtiar, nampaknya selalu ingin menampilkan koleksi yang mengesankan. Termasuk menampilkan rancangan busana wanita yang sangat mempesona saat dikenakan. Tak hanya bentuk dan modelnya saja yang kuat, Opi selalu berani memainkan warna.

Kali ini, ia menampilkan koleksi terbarunya dalam pekan mode Ciputra World Fashion Week 2015 di Surabaya. Opi menampilkan 28 look, di antaranya 18 busana untuk wanita dan 10 untuk pria. Semua desain tersebut terinspirasi dari kehidupan sehari-hari. "Tema koleksi kali ini adalah Meraki, yang artinya soul creativity dan love. Semua koleksi ini dari A sampai Z adalah dari kehidupan sehari-hari dan jiwa yang lebih hidup. Semua karya ini kita buat melalui doa cinta," kata Opi kepada reporter Vemale.com, Yuni Arta Sinambela, di Surabaya Jawa Timur, Jumat 19 September 2015.


Lebih lanjut ia menjelaskan, yang spesial dari koleksi spring summer untuk tahun depan ini ialah pada setiap potongan terdapat sentuhan sutra Makassar, sehingga terkesan lebih loose dan clean. "Baru pertama kali aku buat dari sutra Makassar. Lebar kainnya tidak terlalu besar, biasanya pengrajin hanya membuat 9-10 cm aja," terangnya. Memakai bahan dari sutra untuk pakaian menjadi tantangan tersendiri bagi Opi. Selain harus bisa membuat penampilan seseorang terlihat bagus, menurutnya tidak mudah mengolah bahan tersebut. Selain it, bahan yang diperlukan juga lebih banyak jika memakai sutra.

"Bahan sutra gampang lecek, sehingga ada poin yang kurang perfect, karena sutra merupakan bahan natural. Tapi sutra punya beragam motif yang tidak kalah dengan bahan import," ucap Opi.


Selain sutra, koleksinya ia padukan dengan bahan sifon, nilon dan organsa silk. Bagi Opi, hal ini membuat karakter wanita yang lembut dan kuat dapat tergambar dalam rancangannya.

Sumber: Vemale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar