Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Senin, 23 November 2015

Batik Cianjur

Batik Cianjur - Semenjak di akui oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009, Batik semakin banyak digandrungi oleh semua orang, tidak hanya kalangan orang dewasa tapi para remaja pun sudah banyak menyukai segala motif batik yang ada di indonesia ini. Kali ini admin akan sedikit mengenalkan motif batik yang tidak kalah unik dengan motif-motif batik yang lainnya, yaitu Motif Batik Cianjuran.
Cianjur terkenal dengan beras dan ayam pelung yang menjadi ciri khasnya. Dari situ lah para pengrajin batik cianjur menjadikan beras dan ayam pelung inspirasi dan menuangkannya dalam bentuk motif batik, yaitu Motif Batik Beasan dan Motif Batik Hayam Pelung. Selain kedua motif batik itu, ada pula motif batik yang menjadi ciri khas motif cianjur yaitu Motif Batik Pencak Silat atau Maenpo dan Motif Batik Kecapi Suling atau Mamaos.
Menurut sejarah keberadaan motif dicianjur sudah ada sejak tahun 1920. Motif dan warna-warna kainnya bernuansa tumbuhan yang ada di sekitar Cianjur. Umumnya mendekati warna tanah, daun atau bulir padi. Bahan-bahan pewarna tersebut didapat dari tanaman-tanaman, seperti Buah Arben, Jambu Biji, Pohon Ketapang, Kulit Manggis, Mengkudu, Kulit Ekstra Mahoni, dan Ekstrak Kunyit, bahkan sebagian dari badan tumbuhan pun dapat digunakan untuk warna batik, seperti Kulit Kayu, Batang Kayu, Akar Kayu, Bunga, Biji dan Getah Kayu. Wah semunya asli dari alam nya?? Dari pada penasaran ini lah motif battik cianjuran yang sudah disebutkan tadi.
Berikut adalah beberapa motif Batik Cianjuran :
Motif Beasan
Motif Hayam Pelung
Motif Pencak Silat atau Maenpo
Motif Kecapi Suling atau Mamaos
        Dan itu lah motif batik cianjuran. Dengan adanya motif batik cianjuran ini menambah keragaman lagi Motif Batik yang ada di Indonesia. Dan semoga dengan dengan Artikel ini dapat menambahkan pengetahuan kita tentang motif batik agar kita lebih mencintai lagi hasil karya anak bangsa yang sudah diakui Dunia.
Tags : #Motif Batik #Batik Cianjur #Motif Batik Cianjuran #Batik Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar