Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 17 Maret 2016

Camilan Khas Jepara Jawa Tengah


Kota Jepara adalah salah satu kabupaten nan ada di Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Jepara masih memiliki budaya Jawa nan kuat. Terletak di bagian utara Jawa Tengah, Jepara cukup banyak memiliki pantai-pantai Bahari Jawa nan menarik.

Kota Jepara juga dikenal sebagai kota ukiran, berbagai produk ukiran yang telah menghiasi setiap rumah tangga baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Horog-horog


Horog horog camilan khas jepara, terbuat dari tepung pohon aren. Makanan ini tergolong langka, dikarenakan Horok-horok umumnya sangat sulit kita temui kalau di luar Jepara, camilan ini sudah populer semenjak masa Revolusi Indonesia. Horok-horok umumnya dimakan dengan sate kikil, soto, bakso, gulai, dan sayur pecel. Selain itu dapat juga dimakan dengan diberi santan dan sedikit gula pasir, seperti bubur. Bagi masyarakat Jepara Horok-horok merupakan sumber karbohidrat masyarakat Jepara sebagai pengganti nasi atau lontong.

Yang unik adalah metode ketika mengambil bubuk dari pohon arennya, biasanya para pembuat horok-horok akan menggunakan sisir. Sehingga horok-horok mempunyai bentuk butiran-butiran kecil menyerupai busa styrofoam yang kenyal dengan rasa sedikit asin.

Untuk memperoleh pohon aren yang akan digunakan untuk membuat Horok-horok, para perajin asal Jepara akan berburu sampai ke luar daerah, seperti ke Rembang, Pati dan Blora. Tepung aren ini, setelah dibersihkan, kemudian dikukus hingga matang. Dan setelah didinginkan, horok-horok akan bertekstur kenyal.

Moto Belong


Moto Belong atau yang bisa disebut juga Moto Blong merupakan salah satu jajan pasar asli khas Jepara. Moto Belong mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Jepara.

Asal usul makanan tersebut dinamakan Moto Belong adalah diambil dari bahasa Jawa, yaitu Moto artinya mata, sedangkan Belong artinya melotot. Makanan tersebut dinamai Moto Belong karena bentuk makanan tersebut menyerupai bentuk mata yang melotot.

Apabila anda ingin membuat jajanan ini di rumah, cukup siapkan pisang dan singkong. Apabila sudah siap, maka parut singkong tadi lalu peras. Kemudian isi pisang yang sudah matang lalu buat seperti kapsul, jika perlu, bisa juga diberi pewarna makanan agar lebih menarik. Untuk penyajiannya, biasanya dengan cara dipotong/diiris tipis-tipis (sehingga berbentuk menyerupai bola mata) dan dicampur dengan parutan kelapa yang ditambah sedikit gula & garam.

Adon-Adon Coro


Adon-Adon Coro atau sering disebut Jamu Adon-Adon Coro merupakan minuman tradisional khas kota Jepara. Minuman ini berupa jamu yang dicampur dengan rempah-rempah, antara lain pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas yang disiram dengan santan, jahe gula merah dan air. Minuman ini berasa pedas dan hangat, mirip dengan wedang jahe.

Adon-adon coro bisa ditemui di pelataran sekitar Shopping Centre Jepara, di sebelah utara Alun-Alun Kota Jepara.

Rondho Royal


Monyos atau yang memiliki nama keren Rondho Royal adalah salah satu camilan tradisional dari kota Jepara. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras yang diisi dengan tape lalu digoreng sehingga ia mempunyai cita rasa yang unik. Asin, asam dan manis dapat anda rasakan sekaligus.

Mak Nyus, lebih nikmat apabila disajikan dalam keadaan panas. Anda bisa menjumpai penjual-penjual Rondho Royal di pasar-pasar tradisional Jepara.

Bahan bacaan: Nettik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar