Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Rabu, 10 Juni 2015

Candi Klero Kabupaten Semarang Jawa Tengah

Gang menuju candi Klero dari Jalan raya Semarang - Solo

Candi Klero disebut juga candi Tengaran berada di dusun.Ngentak, Desa Klero, Kec. Tengaran, Kab.Semarang. Letak bangunan kira kira 500 meter dari jalan raya Semarang arah Solo. Karena jalan menuju candi yang sempit dan melewati kebun warga, mengesankan jauh dari jalan raya.

Struktur bangunan candi seperti bertingkat dua. (https://pockrockadventure.wordpress.com)

Bangunan ini merupakan peinggalan umat hindu, ini bisa dibuktikan dengan adanya alat upacara berupa Yoni dan Arca Siwa. Arca Siwa sudah diamankan dan disimpan oleh Dinas Purbakala Jawa Tengah di Semarang. Meski begitu candi ini berdiri sendiri, yang tidak biasanya kalau candi Hindu sering di jumpai dengan bangunan candi lain di sekitarnya.

Yoni sebagai alat upacara.

Struktur bangunan candi lebih rendah sekitar satu meter dari tanah sekitar, sehingga sekiling candi dilakukan penggalian yang lebarnya 14 akali 14 meter. Tinggi candi dari teras penggalian atau dasar candi kurang lebih 4 meter. Bangunan candi terlihat berundak atau tingkat. Tingkat pertama sebagai dasar candi yang tingginya sekitar 1.4 meter dengan lebar kurang lebih 4 x 6 meter yang berfungsi sebagai teras. Bagian atasnya adalah candi itu sendiri yang didalamnya terdapat yoni.

Sumber: PNRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar