Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 03 September 2015

Alat Musik Tradisional Sulawesi Barat


Provinsi Sulawesi Barat yang memiliki Ibu Kota Mamuju itu sebenarnya tergolong sebagai provinsi baru di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2004 yang lalu. Provinsi Sulawesi Barat merupakan pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan. Mengenai suku bangsa yang ada di Provinsi Sulawesi Barat ini terdiri dari Suku Mandar, Suku Toraja, Suku Bugis, Suku Makassar, Suku Jawa, dan suku lainnya.

Khusus mengenai kebudayaan dan kesenian di Sulawesi Barat yang lebih khusus lagi mengenai alat musik tradisionalnya yang akan saya bahas di sini sebenarnya tidak begitu banyak. Bahkan dari informasi yang saya dapatkan hanya ada dua buat alat musik yang dikenal populer di Provinsi Sulawesi Barat.

Gendang


Seperti yang telah kita ketahui bahwa alat musik gendang atau kendang ini merupakan salah satu alat musik tradisional yang hampir terdapat di seluruh pelosok nusantara, termasuk di Provinsi Sulawesi Barat ini. Gendang biasanya terbuat dari kayu yang dimainkan dengan cara dipukul seperti alat musik perkusi. Dari segi ukuran, terdapat beberapa macam ukuran gendang, ada yang kecil, ada yang sedang, dan ada yang besar. Memang cukup sederhana, gendang dapat mengeluarkan suara hanya dengan memukul bagian kulit yang direntang diujung gendang tersebut. Baik dengan menggunakan alat pemukul, atau langsung menggunakan tangan untuk membunyikannya. Jika dilihat dari fungsinya, gendang sebenarnya merupakan salah satu alat musik yang tidak memiliki tangga nada, namun gendang berperan sebagai penentu cepat lambatnya atau tempo suatu pagelaran musik tradisional.

Popondo

Popondo atau Talindo atau Popondi (https://www.tradisikita.my.id)

Alat musik Popondo disebut dengan alat musik Talindo atau Popondi (Sulsel), merupakan alat musik jenis sitar berdawai satu (one stringed stick zilher). Tempurung kelapa berfungsi sebagai resonator. Alat musik ini dimainkan secara tunggal setelah para petani merayakan pesta panen dan untuk mengisi waktu senggang bagi para remaja.

Sumber: Alat Musik Tradisional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar