Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Selasa, 01 September 2015

10 Tip Liburan Murah dengan Sepeda Motor

Liburan dengan Sepeda Motor (https://bersabda.com)

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan kegiatan traveling, salah satunya adalah dengan mengendarai motor. Cara yang satu ini dinilai cukup murah dibandingkan harus menyewa kendaraan dari agen travel. Selain itu dengan mengendarai motor Anda bisa bebas kemana pun tujuan yang disukai.

Traveling dengan sepeda motor sepertinya sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor.

Tidak hanya lintas kota, saat ini para biker sudah berani untuk menyeberangi pulau untuk menemukan pemandangan yang indah. Sepeda motor dipilih karena selain dapat menghemat biaya, kendaraan ini juga cukup fleksibel.

Masih ingat kisah Jeffrey Polnaja, pria asal Bandung yang berkeliling dunia dengan menggunakan motor? Nah itu adalah sekelumit bukti bahwa traveling menggunakan motor tidak dibatasi oleh jarak. Namun sebelum melakukan kegiatan ini Anda harus tahu dulu tips agar traveling menjadi menyenangkan. Berikut ulasannya.

1. Persiapkan rute, jarak tempuh dan jalur dengan baik dengan GPS Navigasi

GPS Navigasi Mio Moov S550 (https://kiosbukugema.blogspot.com)

Sebelum perjalanan wisata dimulai, sebaiknya siapkan rute mana yang akan ditempuh agar saat perjalanan kita sudah siap dan menguasai medan perjalanan. Tidak hanya itu anda juga perlu memperkirakan tempat-tempat mana saja yang akan digunakan untuk beristirahat saat perjalanan, tidak mungkin non-stop. Dan juga kita bisa mempersiapkan lokasi mana yang macet atau jalan yang dilalui kurang bagus jadi kita bisa melakukan perjalanan dengan santai dan nyaman.

Pendukung utama dalam perencanaan perjalanan, jarak tempuh dan jalur yang efisien dengan menggunakan GPS Navigasi, dimana teknologi yang ada sekarang ini sudah dapat mengetahui kemacetan di depan kita. Apalagi kalau Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, pasal 287 ayat 5 Tentang Batas Kecepatan Kendaraan diberlakukan di Indonesia, di GPS Navigasi sudah tertera batas kecepatan di setiap jalannya, kalau dilanggar akan ada peringatan suara secara otomatis dan berulang-ulang.

Pengetatan pun akan diberlakukan oleh pihak Kepolisian bilamana kecelakaan lalulintas kecenderungan semakin naik, dengan menggunakan Speed Gun, merupakan senjata paling ampuh untuk mengukur kecepatan pengendara kendaraan baik sepeda motor atau mobil yang melintasi petugas yang menyamar. Itu pun akan terdetiksi oleh GPS Navigasi sehingga pemakai kendaraan akan mengurangi kecepatan sesuai standar jalan tersebut, bilamana di depan anda ada petugas menggunakan Speed Gun. Tentunya kalau GPS Navigasi telah terpasang program peringatan kecepatan di depan kita.

2. Persiapkan kondisi fisik

Persiapan kondisi fisik (https://travelingyuk.com)

Jangan lupa persiapkan kondisi fisik. Karena kondisi fisik disini sangatlah penting karena itu mempengaruhi bagaimana kita berkendara dengan aman. Karena resiko kecelakaan itu bisa diakibatkan karena kondisi fisik yang kurang fit. Agar kondisi fisik fit saat berwisata ada baiknya kita istirahat yang cukup , atur pola makan dengan baik dan jangan lupa olah raga.

3. Cek kondisi motor

Cek kondisi motor (https://travelingyuk.com)

Namanya juga traveling naik motor maka senjata utamanya adalah motor. Untuk itu sangat penting untuk mengecek kondisi tunggangan anda sebelum meluncur ke destinasi tujuan. Cek kondisi mesin dengan teliti. Caranya anda bisa membawa motor anda ke bengkel resmi untuk diservis oleh montir berpengalaman.

Selain mesin, cek pula kondisi ban dan rantai sepeda motor Anda. Komponen ini adalah nyawa anda ketika berada di jalan. Terlebih jika Anda merencanakan traveling dengan tujuan yang jauh. Jangan sampai malas untuk memeriksa bagian motor tersebut jika ingin perjalananmu lancar tidak ada gangguan.

4. Persiapkan kelengkapan surat-surat kendaraan

Saat berwisata menggunakan sepeda motor kita wajib hukumnya mempersiapkan kelengkapan surat-surat kendaraan karena akan menggagu rencana saat berwisata apabila ditilang polisi.

5. Gunakan pelindung keselamatan


Pelindung keselamatan merupakan hal yang sangat penting saat Anda berwisata menggunakan sepeda motor. Gunakan helm standar keselamatan, kaca mata, masker, jaket, sarung tangan, celana berbahan tebal, dan sepatu. Bahkan bila perlu, body protector bisa juga Anda gunakan demi melindungi badan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Bawa kotak P3K

Kotak kecil P3K (https://www.google.co.id)

Jangan remehkan kotak kecil P3K tidak dibawa, akan menjadi bumerang bagi anda bilamana terjadi sesuatu yang tidak menyenangkan selama di perjalanan.

7. Tentukan waktu perjalanan

Selain rute, tentukan juga waktu perjalanan. Perkirakan waktu perjalanan Anda, usahakan untuk tidak melakukan perjalanan pada malam hari. Selain gelap, malam hari dinilai cukup rawan bagi pengendara sepeda motor. Perjalanan pada siang hari bisa memudahkan Anda bila sewaktu-waktu memerlukan jasa bengkel. Akan tetapi, hindari juga perjalanan saat matahari sedang terik. Panasnya aspal dan matahari bisa mengganggu konsentrasi anda saat mengendarai sepeda motor.

8. Jangan membawa muatan yang berlebihan

Karena muatan yang banyak hanya akan mengganggu perjalanan kita dijalan. Dan juga muatan yang berlebihan akan merusak kenyamanan kita berkendara. Lebih baik bawa muatan itu yang cukup dan yang penting-penting saja dan yang paling dibutuhkan. Karena sepeda motor itu kendaraan pribadi yang disetting untuk muatan yang sudah ditentukan , sepeda motor bukan kendaraan masal atau kendaraan muatan barang-barang.

Jika terpaksa membawa barang yang banyak, pastikan barang-barang tersebut tersimpan rapi, tidak mengganggu, dan tidak terjatuh selama perjalanan. Opsi lainnya, anda bisa menggunakan jasa pengiriman barang yang saat ini sudah sangat mudah ditemukan.

9. Ajak teman yang bisa mengendarai sepeda motor

Hindari berkendara sendiri, ajak teman perjalanan yang bisa mengendarai motor. Hal ini akan sangat membantu jika di perjalanan nanti anda merasa lelah dan ia bisa menggantikan posisi Anda untuk mengendarai sepeda motor.

10. Waktu berlibur

Tentukan waktu berlibur (https://travelingyuk.com)

Sebaiknya jangan nekad melakukan traveling dengan naik motor jika waktu berlibur Anda sangat singkat. Atau anda tetap bisa melakukan kegiatan ini namun pilihlah tujuan yang lebih dekat, hal ini sangat penting berkaitan dengan kenyamanan anda. Naik motor dalam jarak yang jauh dan waktu tempuh yang lama akan memberikan efek lelah yang lebih besar ketimbang naik bus atau kereta. Jika waktu libur pendek dan ingin berlibur ke tempat yang jauh sebaiknya gunakan angkutan umum agar tubuh anda tidak lelah dan tetap fit saat kembali kerja.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar