Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Senin, 17 Agustus 2015

Desa Wisata Tanjung Ngaglik Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta

Rumah Joglo Cagar Budaya telah berumur lebih dari 200 tahun (https://transmojo.blogspot.com)


Desa Wisata Tanjung yang beralamat di Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa wisata Tanjung terbagi dalam 3 dusun mulai dari Dusun Tanjung, Dusun Panasan dan Dusun Bantarjo serta dalam 6 RW dan 11 RT.

Berbagai potensi wisata dimiliki Desa Wisata Tanjung. Di antaranya seperti wisata alam, seni budaya, adat istiadat, minat khusus, kuliner, dan lain sebagainya. Para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Tanjung, biasanya akan mendapatkan suguhan kesenian tradisional angguk putri. Selain itu, juga terdapat kesenian pekbung, jathilan, tari klasik, hadroh, sholawatan dan karawitan. Tidak jarang para penduduk pun mengajak wisatawan yang berkujung untuk bermain kesenian bersama.

Masuk ke Desa Wisata Tanjung (https://yogyakarta.panduanwisata.id)

Sementara untuk potensi adat istiadat, sampai saat ini masih lestari adat kenduri, sunatan, wiwitan, tedun, dan lain sebagainya. Wisatawan yang ingin menginap di sana, juga tersedia homestay yang notabene merupakan rumah-rumah penduduk yang cukup terawat dan bersih. Harga kamarnya pun relatif sangat terjangkau. Tidak sedikit wisatawan domestik ataupun mancanegara yang berkunjung ke Desa Wisata Tanjung sembari menikmati eloknya pemandangan, area persawahan yang masih luas, udara yang sejuk dan tentu saja kuliner pedesaan yang menggoda selera. Bagi Anda yang suka kerajinan batik, jangan khawatir, di sini pun terdapat perajin batik yang siap menunjukkan kemahirannya membatik.

Mencapai Lokasi

Dengan Kendaraan Pribadi, rute Monjali ke utara sampai km 11 atau sesampainya dipertigaan yang lurus kearah jalan magelang anda ambil jalan tersebut sejauh 950 meter anda akan menjumpai desa Tanjung. Atau lewat Jl. Magelang setelah sampai perempatan Denggung belok kanan sampai perempatan Grojogan belok kiri sampai perempatan atau sejauh 1,8 km belok kanan sejauh 250 meter anda akan sampai desa wisata Tanjung.

Potensi Pertanian

Menggaru sawah dengan Sapi (https://nawaladutawisata.com)

Desa Wisata Tanjung merupakan sebuah desa agraris yang masih mempunyai areal persawahan yang cukup luas. Di antara dusun-dusun yang ada, terhampar sawah-sawah sebagai lahan kehidupan masyarakat Tanjung.

Sebelum dicanangkan sebagai Desa Wisata, sawah-sawah tersebut semata-mata hanya untuk bercocok tanam petani. Namun sekarang, sawah-sawah itu juga merupakan asset wisata, dimana para wisatawan dapat belajar dan merasakan langsung bagaimana cara mengolah tanah, menanami, sampai memanen hasil pertanian hingga siap disajikan sebagai makanan pokok masyarakat. Selain itu, panorama yang indah di tengah persawahan dengan angina semilir dan keteduhan pohon yang ada juga dapat dinikmati untuk sekedar melepas kepenatan dan kejenuhan rutinitas kerja.

Potensi Seni Budaya

1. Tari Angguk Putri

Tari Angguk Putri

2. Tari Klasik

Tari Klasik

3. Jathilan

Jathilan

4. Pekbung

Pekbung

5. Sholawatan
6. Hadroh
7. Karawitan

Potensi Upacara Adat

1. Kenduri
2. Mantenan
3. Sunatan
4. Wiwid
5. Tedun

Potensi Kerajinan Tangan (Home Industri)

1. Batik
2. Mainan Anak
3. Makanan Tradisional

Informasi lebih lanjut hubungi

Peta Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung
Dusun Tanjung, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Telp.: (062) 274-7828916, +62812 2920 9872, +62815 670 0291, +62815 689 1681
Website: https://desawisata-tanjung.blogspot.com
Email : desawisatatanjung@yahoo.com
Google+: https://plus.google.com/109668703154197780040/posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar