Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Kamis, 06 Agustus 2015

Air Terjun Telun Berasap Kayu Aro Kerinci Jambi

Air Terjun Telun Berasap (https://www.indonesia.travel)

Terletak pada batas Propinsi Jambi dan Sumatera Barat. Tepatnya di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Propinsi Jambi. Koordinat GPS: 2° 0' 20.25" S 101° 27' 48.77" E.

Air Terjun Telun Berasap (https://adalrico.net)

Air Terjun Telun Berasap bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh (danau tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1.905 di atas permukaan air laut) yang mengalir ke Sungai Batang Sangir melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 m. Orang Jambi menyebutnya Air Terjun Telun Berasap karena besarnya debit air yang turun sehingga menimbulkan "kabut air" di sekelilingnya.

Di balik Air Terjun Telun Berasap, terdapat sebuah goa namun terbilang sulit dimasuki. Itu karena deras dan banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan terjalnya batu karang di sekitar air terjun membuat belum ada yang bisa masuk ke dalam goa dan meneliti keadaan di dalamnya.

Menuju Lokasi

Berjarak kira-kira 500 km ke barat dari kota Jambi atau 200 km ke tenggara dari kota Padang atau 60 km dari Sungai Penuh, Ibu Kota Kabupaten Kerinci dan dapat ditempuh melalui jalur darat dengan menggunakan angkutan umum, mobil sewaan atau mobil pribadi.

Ada tiga alternatif untuk mencapai lokai tersebut. Pertama, perjalanan dimulai dari Kota Jambi ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km, sementara waktu tempuhnya selama sekitar 10 jam. Kedua, perjalanan bisa dimulai dari Kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak 278 km. Waktu perjalanan ditempuh selama sekitar 7 jam. Ketiga, perjalanan dimulai dari Padang ke Muaralabuh, kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kersik Tuo. Jarak dari kota Padang ke lokasi sekitar 211 km dan dapat dicapai dalam waktu sekitar 5-6 jam.

Tangga terakhir untuk melihat Air Terjun Telun Berasap (https://www.indonesia.travel)

Setelah mencapai pintu masuk kawasan, selepas tempat parkir kendaraan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan tangga semen yang menurun. Jarak tempuh melalui ratusan anak tangga ini menuju air terjun sekitar 300 meter dengan kondisi undakan ditata rapi namun jika hujan datang, cukup curam dan licin, jadi perlu berhati-hati. Untungnya jalan tangga ini telah dibuat terpisah antara tangga untuk turun dan naik. Juga sepanjang jalan tersebut dapat ditemui tiga lokasi tempat untuk beristirahat (shelter).

Shelter (https://content.rajakamar.com)

Sepanjang perjalanan Anda melihat pepohonan besar yang menurut masyarakat setempat sudah berusia ratusan tahun. Anda juga bisa menikmati hamparan pemandangan Taman Nasional Kerinci Semblat dari kejauhan. Perjalanan 60 menit dari Sungai Penuh ditambah langkah-langkah menantang sepanjang 300 meter melalui anak tangga serasa sepadan dengan pemandangan air terjun yang memesona di depan mata.

Air Terjun Telun Berasap (https://adalrico.net)

Penginapan

Tidak tersedia hotel maupun penginapa di Desa Telun Berasap, sehingga untuk fasilitas penginapan dapat diperoleh di Kota Sungai Penuh, Ibu Kota Kabupaten Kerinci. Jangan berharap untuk menemukan hotel berbintang di Sungai Penuh yang ada hanya hotel melati dan guess house saja. Namun demikian nyaman dan memberikan pelayanan terbaik. Jika Anda memilih untuk bermalam di guess house, terdapat Paiman guess house, Subandi guess house dan B Darmin guess house. Namun jika memilih untuk menginap di hotel, berikut ini beberapa hotel di Sungai Penuh yang bisa Anda kunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar