Adat Indonesia

Blog tentang adat istiadat di Indonesia

Selasa, 04 Agustus 2015

Air Terjun Dua Warna Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara


Air terjun ini berada di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara tepatnya di kaki Gunung Sibayak. Air terjun ini terletak di hulu Sungai Sinembah 1 dan terbentuk dari letusan letusan gunung Sibayak ratusan tahun silam.

Air Terjun Dua Warna atau juga dikenal dengan nama Air Terjun Telaga Biru Sibolangit memiliki ketinggian terjunan air sekitar 75 meter dan berada di ketinggain 1475 m dpl.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara (https://www.adindut.com)

Air terjun yang satu berwarna biru indah dan air yg sangat dingin, dengan tebing-tebing berlumut hijau di sekitarnya. Satunya lagi berwarna putih bening dan terasa hangat. Kedua air terjun ini terpisah dekat oleh beberapa air terjun kecil penghias tebing.

Seperti namanya, air terjun ini memiliki dua warna yaitu, air yang turun dari atas berwarna biru muda, sedangkan air yang tertampung dibawah berwarna putih ke abu-abuan. Warna tersebut timbul dikarenakan adanya kandungan phosfor dan belerang yang ada di air terjun ini sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk meminumnya. Dengan gradasi dua warna itu, membuat pemandangan air terjun begitu indah dan menakjubkan. Sumber air terjun ini sendiri berasal dari Gunung Sibayak.

Mencapai lokasi

Melewati hutan yang lebat (https://travel.detik.com)

Untuk mencapai lokasi air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter ini membutuhkan perjuangan ekstra keras. Dari pintu utama bumi perkemahan Sibolangit, pengunjung harus rela berjalan kaki menyusuri hutan yang rimbun selama kurang lebih 2 - 3 jam.

Meskipun melewati hutan lebat, Anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang jalan Anda akan dibantu dengan petunjuk-petunjuk arah yang sengaja dipasang oleh pihak pengelola, diperuntukkan bagi para wisatawan demi mempermudah perjalanan menuju lokasi air terjun. Namun bila Anda takut akan tersesat, tidak ada salahnya untuk menyewa pemandu lokal disana dengan tarif 100 - 300 ribu rupiah (*) tergantung jumlah pesertanya dan negosiasi Anda.

Air Terjun Dua Warna Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara (https://www.tripdomestik.com)

Jiwa petualangan Anda semakin diasah dengan jalur yang menantang, seperti tanjakan, arah menurun, juga sampai melintasi beberapa sungai kecil di dalam hutan. Seru sekali. Seluruh tenaga Anda yang terkuras akan terbayar setibanya di objek wisata Air Terjun Dua Warna. Keindahan dan sejuknya air terjun ini akan memanjakan hasrat wisata Anda.

Setelah ditelusuri ternyata air terjun ini bersumber dari letusan Gunung Sibayak yang membentuk aliran sungai yang dialiri belerang (sulfur) yang kemudian bersatu dengan resapan air hutan sehingga menjadi berair dingin yang berwarna biru. Uniknya lagi, air terjun tersebut tidak mengeluarkan bau belerang namun jangan pernah meminum air tersebut. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga tersembunyi di dalam hutan hujan tropis di tengah hutan Sibayak I dan Sibayak II dengan ketinggian 1475 meter dari permukaan laut.

Transportasi

Bus antar kota jurusan Kabanjahe dari Medan dapat menjadi pilihan Anda untuk menuju Bumi Perkemahan Sibolangit Kabupaten Karo. Akan lebih nyaman lagi jika Anda menggunakan mobil pribadi atau mobil rental. Setibanya di Bumi Perkemahan, Anda harus bersiap untuk penjelajahan selanjutnya.

Harga Tiket

Anda akan diminta mengeluarkan nominal senilai Rp 25.000,- (*) saat hendak memasuki kawasan air terjun. Lebih tepatnya disebut sebagai biaya retribusi untuk perawatan sekitar lokasi objek wisata.

Tips

Bawalah bekal makanan seperlunya, karena tak ada penjual makanan disekitar air terjun. Jangan pula terlalu banyak, karena akan menyulitkan anda melewati jalanan menuju air terjun ini.

*) Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar